Apa itu Marketing? Apa Saja Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis?

 


Tahukah Anda bahwa marketing merupakan salah satu ujung tombak dalam sebuah bisnis? Dengan menggunakan marketing, Anda bisa memaksimalkan omset bisnis, lho. Apalagi jika Anda dapat memilih strategi marketing yang pas.

Nah, Anda mungkin bertanya-tanya, apa saja strategi marketing yang bisa Anda gunakan. Tenang saja, dalam artikel ini, kami Akan membahas beberapa strategi marketing ampuh yang dapat mendongkrak penjualan Anda.

Apa saja strategi marketing tersebut? Inilah yang akan kami bahas:

  • Marketing Mix
  • Viral Marketing
  • Guerilla Marketing
  • Trend Marketing, dan
  • Experiential Marketing

Sudah tidak sabar untuk mempelajarinya, bukan? Namun, sebelum membahasnya, yuk  pahami dulu apa itu marketing.

Apa itu Marketing? 

Marketing adalah upaya untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan. Upaya tersebut dilakukan dengan beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan hingga strategi pengembangan produk.

Marketing berperan besar bagi perkembangan sebuah bisnis. Bisa dikatakan tidak ada bisnis yang sukses tanpa upaya marketing yang baik. Alasannya dengan marketing, Anda bisa mendapat manfaat seperti:

  • Meningkatkan penjualan
  • Membangun hubungan baik dengan konsumen
  • Sarana melakukan branding
  • mengembangkan produk

Pada praktiknya, marketing sering dimulai dengan melakukan riset pasar dan melakukan analisa kebutuhan konsumen sesuai buyer persona mereka. Namun, meskipun kedua hal tersebut bisa terus dilakukan, penting untuk terus menggunakan strategi marketing yang up-to-date seiring perkembangan zaman.

Strategi Marketing Terbaru untuk Bisnis Anda

Inilah berbagai strategi marketing yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda:

1. Marketing Mix

Marketing mix adalah strategi untuk menggunakan berbagai upaya marketing untuk mencapai target penjualan yang diinginkan. Strategi ini paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis, baik bisnis baru maupun yang sudah berkembang.

Pada prinsipnya, marketing mix memiliki 7 elemen dasar yaitu, product, price, place, promotion, physical evidence, people, dan process.

Dalam marketing mix, Anda akan mengawalinya dengan merancang produk terbaik yang dibutuhkan konsumen dan memastikan harganya terjangkau. Selain itu, Anda perlu membuat produk yang mampu terus eksis dengan berbagai upaya promosi.

Intinya, ketujuh elemen tersebut harus diterapkan agar mampu mendapatkan hasil pemasaran terbaik.

2. Viral Marketing 

Viral marketing adalah strategi promosi dengan memanfaatkan audiens untuk menyebarluaskan informasi produk Anda. Strategi marketing ini cukup mampu mendongkrak kepopuleran bisnis dalam waktu yang cepat.

Kenapa bisnis perlu menggunakan viral marketing? Sebab banyak kelebihan yang dimiliki strategi ini. Pertama, Anda bisa menghemat biaya promosi. Kedua, dengan jangkauan audience yang luas bisa menjadi upaya meningkatkan brand awareness dengan efektif. Ketiga, besar kemungkinan produk Anda diulas berbagai media karena keviralan tersebut.

Lalu, bagaimana cara memaksimalkan penggunaan strategi ini? Yang utama, pastikan Anda mengetahui target audience untuk produk yang ditawarkan. Selain itu, ciptakan informasi yang berkualitas dan emosional agar semakin banyak orang yang membagikannya.

3. Guerilla Marketing

Guerilla marketing adalah strategi marketing dengan cara promosi unik yang berkesan di mata konsumen. Bahkan tak jarang strategi marketing ini membuat orang terkejut gebrakan yang dilakukan. Salah satu contohnya, aksi skydiving untuk iklan produk Red Bull.

Kenapa banyak bisnis mulai menggunakan guerilla marketing? Pertama, secara anggaran lebih hemat karena fokusnya adalah di kreatifitas cara promosi. Kedua, Lebih mudah viral karena kesan surprise dan unik yang dibangun. Ketiga, lebih berkesan bagi calon konsumen yang menyaksikan promosi produk tersebut.

Nah, untuk menerapkan guerilla marketing, Anda perlu terus menggali ide kreatif untuk mengenalkan produk. Selain itu, kenali audiens Anda agar kesan yang dibangun lebih kuat. Tak hanya itu, Anda perlu membuat pesan singkat dan jelas tentang promosi yang dilakukan.

4. Trend Marketing

Trend marketing adalah strategi pemasaran produk dengan mempelajari tren terbaru di masyarakat. Sebagai pebisnis, sebaiknya Anda tidak melewatkan strategi ini. Sebab dengan berbagai tren yang terus berubah, penting untuk memanfaatkan tren terbaru dalam mempromosikan produk bisnis.

Ada banyak trend marketing yang cukup populer hingga saat ini. Beberapa diantaranya adalah penggunaan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan  untuk memahami keinginan konsumen. Salah satunya, penggunaan Google Voice Search.

Selain itu, ada Chatbot sebagai layanan live chat untuk konsumen dengan bantuan aplikasi yang bisa meningkatkan kecepatan interaksi dengan konsumen. Dan, masih banyak marketing trend lainnya.

5. Experiential Marketing

Experiential marketing adalah strategi pemasaran yang mengajak konsumen merasakan pengalaman menggunakan produk bisnis Anda.  Strategi ini dianggap efektif karena  konsumen diajak langsung tahu kualitas produk dari produk yang ditawarkan.

Ada lima  jenis experiential marketing yang bisa Anda lakukan. Bisa melalui pameran produk, mengadakan seminar, menggelar event, mempromosikan user generated content, dan berbagi pengalaman imersif lewat Virtual Reality.

Dalam penerapannya, ada beberapa strategi untuk menjalankan experiential marketing. Pertama, menentukan tujuan dengan jelas, misalnya untuk membangun brand awareness. Kedua, membagikan pengalaman yang nyata tanpa dibuat-buat. Ketiga, mintalah feedback dari konsumen setelah menggunakan produk Anda.

Tidak ada komentar untuk "Apa itu Marketing? Apa Saja Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis?"