Cara Agar Artikel Blog Menjadi Peringkat 1 Google
Membuat artikel di blog harus menerapkan SEO agar bisa tampil di halaman 1 Google, bahkan ada di peringkat 1 atau teratas. SEO (Search Engine Optimization) menjadi bagian dari blogging
Jika Anda pernah menulis posting blog sebelumnya, Anda tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan. Mulai dari pemilihan topik, pengumpulan penelitian, hingga menulis postingan dan menekan "Publikasikan", prosesnya sering memakan waktu berjam-jam. Itu sebabnya, jika posting Anda tidak menghasilkan lalu lintas yang Anda harapkan, itu bisa menjadi kekecewaan besar. Semua pekerjaan yang dimasukkan ke dalam pos untuk keterlibatan yang kurang dari bintang, tidak diragukan lagi, adalah salah satu pengalaman yang paling membuat frustrasi.
Untungnya, ada cara untuk memerangi lalu lintas rendah dan mengarahkan perhatian pada tulisan Anda: pengoptimalan mesin telusur. SEO adalah bahasa yang digunakan secara khusus untuk mesin pencari seperti Google untuk memberi tahu bahwa postingan Anda layak berada di bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERP). Sebagai pemasar, kami selalu bertujuan untuk menulis konten yang memiliki peringkat tinggi di Google, dan SEO adalah jembatan yang akan membantu Anda mencapainya. Tentu saja, hal itu menimbulkan pertanyaan: Bagaimana Anda menulis dalam bahasa SEO? Untuk itu, jangan khawatir - kami membantu Anda. Dalam posting ini, kami akan menyelami 13 cara Anda dapat menguasai menulis untuk peringkat tinggi yang layak untuk konten Anda. Siap memulai?
1.
Penulisaan Judul
Judul tulisan memberi tahu Google tentang bagian berbeda dari artikel blog
Anda. Dalam posting ini, misalnya, tajuk, "Cara Menulis Posting Blog untuk
SEO", memberi tahu mesin pencari tentang bahasan postingan ini.
Pengguna yang mengetik permintaan pencarian seperti, "menulis untuk
SEO" ke Google kemungkinan akan menemukan posting ini karena apa yang
diberitahukan oleh header kepada Google. Pada akhirnya, mesin pencari akan
melihat judul dan snippet (ringkasan, biasanya diambil dari alinea
pertama) sebelum mereka melihat teks isi.
Pikirkan Google sebagai pembaca yang membaca sekilas blog Anda. Mereka akan
fokus pada ide utama --dan itulah yang ditampilkan oleh header, seperti H2 dan
H3.
Gunakan lead atau alinea pertama untuk menyampaikan gagasan utama bagian Anda secara akurat, tetapi pastikan setiap paragraf pertama menggunakan kata kunci yang memiliki niat tinggi dan akurat.
Ketika Anda menggunakan kata kunci yang tepat (menggunakan alat penelitian kata kunci), Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk membantu peringkat posting Anda di halaman pertama.
2. Manfaatkan Cuplikan Unggulan.
Menurut Google, "Cuplikan pilihan berasal dari daftar pencarian web.
Sistem otomatis Google menentukan apakah halaman akan menjadi cuplikan pilihan
yang bagus untuk disorot untuk permintaan pencarian tertentu."
Cuplikan pilihan di Google adalah jawaban paling langsung untuk permintaan
pencarian. Misalnya, jika saya menelusuri, "Bagaimana Anda menulis posting
blog?", Google mungkin menggunakan cuplikan pilihan untuk menunjukkan
jawaban yang paling memadai:
Untuk mendapatkan cuplikan unggulan di Google, Anda pasti ingin menjawab
pertanyaan yang mungkin dimiliki pembaca saat mereka membuka entri blog
Anda.
Misalnya, jika istilah pencariannya adalah "bagaimana saya harus menulis posting blog?", Jawab pertanyaan itu dengan daftar, dimulai dengan "Bagaimana Menulis Posting Blog" sebagai tajuk, disertai dengan daftar item yang relevan dan dapat ditindaklanjuti.
Jika Anda bertanya-tanya bagaimana membuat item daftar dapat ditindaklanjuti, aturan praktis yang baik adalah menulis kalimat lengkap dan memulai setiap kalimat dengan kata kerja, seperti "Cara", "Riset", "Buat".
Selain itu, pastikan setiap kalimat menjawab pertanyaan atau tantangan. Untuk definisi, atau cuplikan paragraf, pastikan ringkas, tetapi berikan latar belakang yang cukup untuk menjelaskan kata atau frasa.
4. Gunakan Deskripsi Meta
Apakah Anda
menambahkan deskripsi meta ke posting Anda? Jika jawaban Anda adalah
"Tidak," maka Anda mungkin tidak memberikan postingan Anda sebanyak
mungkin. Mari kita bahas mengapa mereka penting.
Sekarang, kita telah membicarakan tentang beberapa cara postingan blog dapat
berkomunikasi dengan Google: dengan judul, kata kunci, dan cuplikan. Namun, itu
bukanlah daftar yang lengkap.
Deskripsi meta adalah metode lain yang digunakan Google saat memberi peringkat
pada hasil pencarian. Deskripsi meta adalah deskripsi 1-3 kalimat yang akan
Anda temukan di bawah judul hasil.
Untuk
Blogger, pastikan Anda mengisi kolom "Deskripsi Pencarian" (Search
Description) selain Labels.
Gunakan deskripsi meta untuk menyimpulkan tentang apa posting Anda. Ingatlah
untuk membuatnya tetap pendek, gunakan kata kunci, dan pastikan itu
menarik.
Bagaimanapun, akan ada banyak posting yang mirip dengan milik Anda, yang bertujuan untuk peringkat # 1. Anda ingin milik Anda menonjol di atas yang lain.
Sebagian
besar perangkat lunak blog memiliki kotak deskripsi meta yang terpasang di
bilah alat atau opsi pemformatan posting, jadi Anda tidak perlu melihat jauh
untuk menggunakan fungsi tersebut. HubSpot dan WordPress, misalnya, menunjukkan
di mana menambahkan deskripsi meta di editor posting.
5. Tambahkan teks alt ke gambar.
Dengan gambar apa pun yang Anda tambahkan ke posting Anda - apakah itu gambar
unggulan atau teks tubuh - Anda ingin menambahkan teks alt. Teks alternatif
mendeskripsikan apa yang terjadi di foto. Anggap saja sebagai teks tertutup
untuk gambar. Teks alternatif membantu Google, serta mereka yang memiliki
gangguan penglihatan, memahami mengapa foto itu ada di kiriman Anda. Ini meningkatkan
peringkat dan aksesibilitas artikel Anda, membuatnya lebih mudah dibagikan.
6. Tidak membatasi kata kunci pada tubuh posting Anda.
Kata kunci harus digunakan di hampir setiap bagian blog Anda. Kami telah berbicara sedikit tentang di mana kata kunci dapat dimasukkan dalam posting Anda: cuplikan, foto, dan header, misalnya. Kata kunci sangat kuat karena merupakan titik awal SERP.
Google akan selalu memasukkan jenis browser apa ke dalam bilah pencarian dan mencari halaman web dengan kata-kata yang sama persis. Jadi, penting untuk memastikan setiap elemen, mulai dari judul postingan, hingga ajakan bertindak, terkait dengan kata kunci Anda. Meskipun demikian, penting juga untuk tidak memasukkan kata kunci ke dalam postingan Anda. Tujuannya adalah untuk membuat halaman Anda dioptimalkan sepenuhnya, tidak berlebihan.
Temukan kecocokan alami untuk penambahan kata kunci, tetapi jangan memaksanya sehingga konten Anda tidak terbaca. Misalnya, jika kata kunci Anda adalah "pemasaran berbasis akun", "permulaan", dan "penjualan", deskripsi meta Anda tidak boleh seperti ini: "Penjualan untuk startup pemasaran berbasis akun." Sebaliknya, cobalah berfokus pada satu atau dua frasa untuk membuat deskripsi lebih alami: "Apakah Anda mencari strategi jitu untuk meningkatkan permainan pemasaran berbasis akun Anda? Temukan rahasia pasti kami di pos ini." Dengan begitu, Anda masih menggunakan kata kunci, tetapi Anda tidak melebih-lebihkan postingan hingga tidak terbaca. Ingat, meskipun Google adalah mesin pencari, Google masih harus memahami posting Anda untuk merekomendasikannya ke browser situs web. Selain itu, pengalaman pembaca akan menentukan seberapa baik peringkat posting Anda. Jika pembaca keluar dari halaman web Anda karena membingungkan mereka, itu akan memberi sinyal kepada Google bahwa posting Anda tidak cukup baik untuk diberi peringkat.
7. Identifikasi kata kunci yang sangat efektif saat mencari ide posting.
Google
menangani lebih dari 40.000 permintaan pencarian per detik. Mengejutkan, bukan?
Jika Anda ingin memotong hasil pencarian yang berantakan dan mengungguli
pesaing Anda, Anda perlu menargetkan kata kunci dan frase spesifik yang
dicari oleh calon pelanggan Anda. Bagaimana lagi mereka akan menemukan konten
dan situs web Anda?
Untuk mengidentifikasi kata kunci populer tersebut, buka platform sosial yang
sering dikunjungi audiens target Anda dan lihat apa yang sedang trending.
Perhatikan baik-baik frase yang mereka gunakan dan pantau istilah dan topik
industri populer.
Google Trends
juga dapat memberi Anda gambaran tentang kata kunci apa yang populer pada waktu
tertentu. Jika Anda melihat penelusuran terus menurun dari waktu ke waktu
Perhatikan bahwa kata kunci yang paling jelas tidak selalu merupakan kata kunci
terbaik. Penelusur cenderung menggunakan kata kunci "ekor panjang" (long-tail
keywords) yang sangat spesifik, frasa kata kunci, dan pertanyaan saat
mereka mencari sesuatu.
Kata kunci ekor panjang mencakup hingga 70% dari semua lalu lintas pencarian
dan dapat membuka pintu menuju SEO yang sukses.
Strategi SEO ekor panjang bisa meningkatkan lalu lintas pencarian organik sebesar 20% atau lebih hanya dalam dua bulan!
Karena Anda menghadapi persaingan ketat untuk kata kunci yang lebih pendek dan lebih umum, Anda sering kali memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat di hasil teratas untuk kata kunci berekor panjang.
Kata kunci berekor panjang memungkinkan Anda membidik lalu lintas situs web berkualitas lebih tinggi yang sering kali mengetahui apa yang mereka cari dan mungkin lebih jauh dalam perjalanan pembeli.
Ingatlah bahwa kata kunci fokus Anda akan berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan pergeseran tren, perubahan terminologi, atau perubahan lini produk / layanan Anda.
Pastikan untuk melakukan penelitian kata kunci secara berkala untuk memastikan Anda masih fokus pada kata kunci yang tepat untuk audiens target Anda dan tidak melewatkan peluang peringkat yang penting.
Integrasikan kata kunci
Setelah Anda memutuskan daftar kata kunci target, sekarang saatnya menulis entri blog yang berfokus pada salah satu kata kunci tersebut. Diskusikan topik blog dengan tim Anda dan putuskan topik yang akan memikat dan melibatkan audiens target Anda. Pertahankan kepribadian pembeli Anda, motivasi mereka, tantangan, minat, dll.
Dalam pikiran selama proses brainstorming. Pilih topik yang secara emosional akan beresonansi dengan calon pelanggan Anda dan kebutuhan, keinginan, atau rasa sakit mereka. Saat Anda menulis blog, kata kunci dan variasi alami Anda harus diselingi secara teratur di seluruh pos.
Kata kunci utama Anda akan muncul di tempat-tempat utama berikut:
- Judul
- Subjudul
- URL jika memungkinkan
- Teks alternatif gambar (mesin telusur tidak dapat membaca gambar)
- Deskripsi meta
- Di seluruh konten
Selain itu, manfaatkan sepenuhnya daftar berpoin dan subpos yang menarik perhatian pembaca. Dengan mengikuti taktik ini, Anda akan membuat blog yang lebih mudah dibaca (terutama di perangkat seluler!).
Tidak ada komentar untuk "Cara Agar Artikel Blog Menjadi Peringkat 1 Google"
Posting Komentar