Apa itu SEO dan SEM?
SEO dan SEM ini
bertujuan untuk meningkatkan traffic dalam hal promosi dan pemasaran penjualan
produk baik produk barang ataupun jasa, Jadi
SEO dan SEM adalah strategi untuk mendapatkan peringkat atas di search engine
seperti di Google
SEO (Search Engine Optimization )
SEO merupakan sebuah
suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan
website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page)
dan potensial sesuai dengan keyword yang
ditentukan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analisis,
kompetitif, dan strategis. Hal ini dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk
meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Secara
teknis, SEO membutuhkan
waktu minimal tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan utama
melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau
kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama
keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website atau blog
dengan keyword tertentu di search engine, maka
semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang
berkunjung ke website atau blog tersebut.
SEM merupakan
singkatan dari Search Engine Marketing. Sama
seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau
blog pada halaman utama Search Engine Result Page.
Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM
yang beriklan du search engine adalah
toko-toko online yang memiliki produk
atau jasa untuk dijual. Meskipun ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna
SEM yang mempromosikan konten tulisan saja. Yang membedakan SEO dan SEM adalah
dalam segi biaya. SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya,
sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan
cara pay per click atau dengan ketentuan berapa lama
waktu. Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang
dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas,
serta keyword yang akan ditargetkan. Baik SEO dan SEM
memiliki tingkat kesulitan masing-masing.
Search Engine
Optimization dan Search Engine Marketing tidak digunakan untuk
adanya persaingan satu sama lain, tetapi SEO dianggap sebagai bagian dari
layanan SEM. Apabila Anda memutuskan untuk melakukan bisnis di dunia internet,
sebaiknya website yang Anda miliki dapat ditampilkan pada mesin pencarian
organik dan juga pada bagian yang diiklankan. Ini artinya, SEO dan SEM
dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia online.
Tidak ada komentar untuk "Apa itu SEO dan SEM?"
Posting Komentar