Mengenal Istilah-Istilah Google Adsense


Dalam pembahasan kami pada kesempatan kali ini ingin membahas pengenalan Istilah-istilah yang ada di Dashboard Google Adsense. Bagi Anda yang baru saja diterima menjadi patner google Adsense dapat menayangkan iklan di halaman web/situs anda dan mendapat penghasilan dari Google Adsense. Namun bagi anda yang baru membuka halaman Dashboard Google Adsense tampaknya masih merasa bingung dengan istilah-istilah yang terdapat di halaman tersebut.

Di Halaman Dashboard Google Adsense terdapat banyak sekali istilah-istilah Adsense yang digunakan, seperti RKT, CPC, RPM dll.

Berikut ini adalah Istilah dan Penjelasannya

1. Klik (Click)

Klik adalah jumlah seberapa banyak pengunjung mengklik iklan yang tampil di website atau blog Anda.

2. CPC (Cost Per Click)

CPC adalah jumlah penghasilan yang diperoleh publisher ketika pengunjung yang mengklik unit iklan. CPC merupakan biaya yang ditawarkan oleh pengiklan untuk setiap klik iklannya.

Contoh CPC Rp. 1000  jika 2 klik oleh 2 pengunjung maka publisher memperoleh penghasilan Rp. 2000 begitu seterusnya, namun untuk CPC ini nilai selalu berubah. CPC bisa disebut BPK (Bayar Per Klik), dan PPC (Pay Per Click).

Hal yang mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC :

  • Tema atau niche dari blog;
  • Sumber lalu lintas pengunjung;
  • Negara pengunjung;

Itu lah salah satu yang mempengaruhi nilai CPC mungkin banyak faktor lainnya

3. RKT (Rasio Klik Tayang)

RKT adalah nilai persen perbandingan antara jumlah tayangan iklan dan berapa kali iklan  di klik. Contoh, jika iklan Anda tayang 10 kali, dan iklan itu diklik 5 kali oleh pengunjung, jadi nilai RKT kamu adalah 50%.

4. RPM (Revenue Per Thousand Impression)

RPM Halaman adalah pendapatan tertaksir yang akan Anda dapatkan dari setiap 1000 kali halaman yang tayang

Jadi RPM Halaman hanya penghasilan tertaksir perseribu kali tayang, bukan memperlihatkan berapa pendapatan Anda secara ril.

Rumus Nilai RPM didapatkan dari hasil pembagian Penghasilan Tertaksir dengan jumlah Tampilan Halaman, dikali 1000.


5. Tampilan Halaman

Tampilan Halaman adalah jumlah halaman pada website/blog yang tayang iklan dan dikunjungi pengunjung.

Jumlah tampilan halaman iklan ini tidak akan mempengaruhi pendapatan AdSense Anda.

6. Tayangan


Tayangan bisa diartikan saat pengguna yang melihat halaman tertentu, unit iklan tertentu, atau berbagai iklan tertentu.

Tayangan dihitung untuk setiap permintaan iklan yang menghasilkan setidaknya satu iklan pada web/blog, bisa berupa jumlah unit iklan di halaman  atau kueri penelusuran yang menampilkan iklan.

7. Penghasilan Tertaksir

Penghasilan Tertaksir adalah perkiraan dari penghasilan yang akan Anda peroleh dari Adsense. Anda dapat melihat penghasilan tertaksir untuk Hari Ini, Kemarin, Selama 7 Hari Yang Lalu hingga Bulan Ini.

Penghasilan tertaksir dihitung dari jumlah Klik dikali dengan BPK (CPC). Semakin besar nilai BPK dan semakin banyak jumlah Klik, maka semakin besar penghasilan tertaksir yang Anda dapat.

Jumlah Penghasilan Tertaksir bukan merupakan hasil pendapatan secara ril, tetapi Google secara otomatis akan menganalisa dan penguji yang mana klik yang valid dan mana yang tidak valid.

Jika terjadi klik tidak valid maka akan berkurang jumlah penghasilan tertaksir

8. Saldo

Saldo adalah jumlah penghasilan akhir yang telah kamu peroleh dalam jangka waktu satu bulan mulai dari terakhir kali Anda melakukan pencairan Google Adsense (Withdraw).

Saldo akan diakumulasi tiap awal bulan sehingga saldo yang tampil saat ini belum termasuk dengan penghasilan yang kamu peroleh bulan ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan kurang lebihnya kami mohon maaf, semoga berguna. Dan kami ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Istilah-Istilah Google Adsense"